Kamis, 04 November 2010

Toolbar dalam Delphi (Modul 2)

Delphi memiliki beberapa toolbar yang masing-masung memiliki perbedaan fungsi dan setiap tombol pada bagian toolbar berfungsi sebagai pengganti suatu menu perintah yang sering digunakan. Pada kondisi default Delphi memiliki 6 bagian toolbar, antara lain: standart, view, debug, desktop, custom dan Component Palette.
Component palette
Berisi kumpulan ikon yang melambangkan komponen-komponen yang terdapat pada Visual Component Library (VCL). Disini dapat ditemukan beberapa page control, seperti Standart, Additional, Win32, System, Data Acces.

Komponen-komponen yang ada pada palette ini berfungsi untuk membuat elemen kontrol windows standard. Komponen yang digunakan dalam praktek standard untuk membuat program ini, antara lain: 
a. Label
Untuk membuat teks seperti judul dimana user tidak bisa mengaksesnya tetapi hanya dapat membaca teksnya saja.
b. Edit
Untuk menampilkan suatu area dimana nantinya user dapat mengisi dan mengaksesnya, tetapi hanya dapat membaca teksnya saja.

c. Memo
Untuk menampilkan suatu area dimana user dapat mengisi atau mengubah beberapa buah baris teks.
d. Button
Untuk membuat tombol sehingga user dapat memasukkan perintah pada program aplikasi dengan menekan tombol ini.
e. Main Menu
Untuk membuat menu utama yang ditempatkan pada Form. Ikon tombol pointer terdapat disetiap page control, yang berfungsi untuk menekan atau memilih posisi.
f. Timer
Untuk memeriksa input dari interface PPI 8255 setiap waktu dibutuhkan oleh program.
g. Image
Menampilkan gambar dari file gambar.
h. Form Designer
Semua program windows memiliki form. Form adalah komponen utama dalam pengembangan aplikasi. Form designer adalah tempat melekatya komponen yang lain. Artinya, form adalah tempat komponen-komponen lain diletakkan.
Dalam sebuah Form terdapat titik-titik yang disebut dengan grid yang berguna untuk membantu pengaturan tata letak objek yang dimasukkan dalam Form.

i. Object Inspector
Object Inspector digunakan untuk mengatur properti dan even suatu komponen. Semua komponen dapat diubah perilakunya menggunakan kehebatan Object Inspector. Akan tetapi anda tidak dapat mengubah langsung properti-properti yang tidak ditampilkan kecuali melalui penulisan kode program. Objek Inspector terdiri dari dua tab, yaitu properties dan event.

j. Tab properties
Digunakan untuk mengubah properti komponen. Properti dengan tanda plus (+) menunjukkan bahwa properti tersebut mempunyai sub properti.

k. Tab events
Bagian yang dapat diisi dengan kode program tertentu yang berfungsi untuk menangani events (kejadian-kejadian yang berupa sebuah procedure) yang dapat direspon oleh sebuah komponen. Misanya pada komponen tombol (button) dipasangkan event click, sehingga jika tombol tersebut di-klik maka akan mengerjakan suatu sub program.

l. Code Editor
Merupakan tempat untuk menuliskan kode program. Pada bagian ini dapat menuliskan pernyataan-pernyataan dalam object Pascal. Code Editor dilengkapi fasilitas highlight yang memudahkan user menemukan kesalahan.
Gambar di bawah ini merupakan Lembaran Event pada Object Inspector, dan jendela editing untuk menulis prosedure yang menangani event OnClick pada komponen Tampilkan Button.


Kode+Editor.jpg

materi ini diperoleh dari
http://www.elektronikaku.co.cc/2010/08/borland-delphi-merupakan-suatu-bahasa.html

0 komentar: